Wisata Waduk Wadaslintang Kebumen

Wisata waduk Wadaslintang Kebumen merupakan salah satu wisata air yang merupakan destinasi unggulan di Kebumen. Kabupaten kebumen memiliki tempat menampung air atau disebut juga waduk sebanyak dua buah yakni Waduk Wadaslintang di sebelah timur, dan Waduk Sempor di sebelah barat.

Waduk ini sebenarnya terletak di perbatasan Kebumen-Wonosobo. Lebih tepatnya masuk dalam kecamatan Padureso Kebumen dan kecamatan Wadaslintang kabupaten Wonosobo.

Waduk Wadaslintang menampung air dari aliran air sungai Bedegolan. Luas tanah yang digunakan waduk tersebut mencapai 2.626 ha. Waduk Wadaslintang dilaksanakan oleh kontraktor Hydro Resource Coorporation Filipina, bekerja sama dengan PT Brantas Abipraya. Mulai dikerjakan tahun 1982, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto awal tahun 1988. Konstruksi beton bendungan tersebut dikagumi banyak pakar dari negara asing, dan diproyeksikan mampu berusia sampai sekitar 200 tahun. Waduk Wadaslintang termasuk cukup dalam. Tinggi bendungan 116 m lebar 10 m dan panjang 650 m, berisi air maksimal 443 juta M3. Kini, Waduk Wadaslintang benar-benar tidak saja berfungsi sebagai tempat wisata. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk olah raga air, serta yang lebih utama manfaatnya di bidang irigasi. Sebab, waduk tersebut mampu mensuplai kebutuhan irigasi bagi areal persawahan di daerah Kebumen dan Purworejo seluas 30.345 hektar sepanjang tahun. Dampak lansung mampu memberikan tambahan hasil sekitar 210.000 ton beras setahun.
(sumber: Kebumenkab.go.id)

Potensi wisata waduk Wadaslintang sangat besar. Karena pemandangan yang sangat indah dan suasana yang sangat sejuk. Di pinggiran waduk biasa dijadikan oleh masyarakat untuk memancing.

Selain itu dari pihak pengelola juga memaksimalkan dengan membuka wisata air berupa keliling dengan kapal naga.

Peta

Nama : Waduk Wadaslintang
Alamat: Kecamatan Padureso Kebumen dan Kecamatan Wadaslintang Wonosobo

2 Responses

  1. dewi 1 year ago
  2. Virtual Private Server 6 months ago

Add Comment