Desa Ambalresmi, Ambal, Kebumen

peta Ambalresmi
Desa Ambalresmi terletak di kecamatan Ambal, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Desa ini termasuk dalam pusat keramaian di kecamatan Ambal. Wilayah desa Ambalresmi dilalui oleh jalur selatan atau jalan Ambal Ketawang.

Nama: Ambalresmi
Kecamatan: Ambal
Kabupaten: Kebumen
Provinsi: Jawa Tengah
Kodepos: 54392
Luas: 4.3m2
Jumlah penduduk: 1232
Kepadatan:

Desa Ambalresmi adalah merupakan sebuah desa di kecamatan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Dahulu daerah ini merupakan sebuah kadipaten selama kurang lebih 3,5 tahun.

Kesenian tradisional yang khas daerah ini antara lain Kepang Pur (sejenis tarian kuda lumping ), dan Janeng (sejenis musik rebana). Makanan khas yang terkenal dari daerah ini adalah Sate Ambal. Budaya lainnya adalah Enthak-Enthik (diadakan setiap bulan Maulid) dan Sabanan (diadakan setiap bulan Saban). Hampir semua budaya di daerah ini berhubungan dengan laut, karena Ambal terletak di daerah Urut Sewu (bibir pantai samudera Hindia). Ambal juga mempunyai grup namanya Pansel, dengan perintis orang kapung wetan ,kelompok Arum yang diprakarsai oleh pemuda didaerah tersebut. adapun klub sepakbola terfavorit adalah FCB ( Barcelona FC ). Idul Fitri di Ambal di rayakan selama hampir 2 minggu. Lomba pacuan kuda diadakan setiap tahun (terutama saat Idul Fitri).

Wisata yang ada di daerah ini berupa wisata laut, pasar malam, hiburan ketoprak, dll.masih ada lagi makanan khas nya yaitu emping melinjo yang renyah dan gurih.. Selain Kapung Wetan, di Ambalresmi juga pedukuhan lain seperti Kapung Kulon, Alun-alun, Kebonan dan Manisjangan. Ada dua pemakaman besar yang cukup angker disebelah timur namanya Kranji dan di barat nama makamnya adalah Kalijo. Orang Ambal menyebut makam adalah “stono”. Sebelum JLSS (jalur lintas selatan selatan) dibuka, Ambalresmi termasuk daerah yang terisolir. Jembatan Rowo dan Lukulo dibangun menjadikan jalan Daendels menjadi ramai, apalagi setiap Lebaran menjadi tambah ramai. Terakhir jalan tersebut menjadi jalan alternatif karena Jalur Purworejo Kebumen putus karena meluapnya sungai Butuh, Prembun, Kutoarjo. Pusat pemerintahan Ambalresmi bergeser setiap ada pergantian Kepala desa. Kapung Wetan yang letaknya di barat laut pasar Ambal menjadikan daerah paling favorit untuk dikunjungi. Konon dulu kabarnya banyak pendatang dari Mataram yang menetap di Ambalresmi, bahkan termasuk pada jamannya Diponegoro. Di salah satu bekas rumah dinas Bupati masih dijumpai peninggalan2 Mataram.

Desa Ambalresmi juga menyimpan banyak pesona lainnya. Pantainya yang indah, gumuk pasir berjajar sepanjang pantai, menambah asrinya kawasan ini. Sate, emping, pacuan kuda dan pantai menjadi sajian khas Ambalresmi. Potensi wisata begitu dahsyatnya mustinya dikelola dengan tepat. Pantai masih cukup gersang jika ditanami cemara udang ataupun pohon lain seperti ketapang boto dll pasti akan lebih adem. jalanan yang disana-sini rusak juga perlu perbaikan serius. Namun yang paling utama Bupati bekerja bersama tokoh masyarakat harus membuat grand design pantai Ambal mau dibawa kemana. Kalau perlu rencana besar jangka panjang. 30 tahun yang akan datang. Tentu tujuan akhirnya untuk kesejahteraan bersama.

Add Comment